Monday, November 25, 2013

Indahnya Alam DIENG, Wonosobo Jawa Tengah

Hi ... sobat coretan dinding apa kabarnya nih....sudah lama saya gak posting di blog ini lantaran sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas saya yang agak membosankan. Untuk kali ini saya akan membagi sedikit tentang objek wisata di daerah jawa tengah yang bernama DIENG. Berawal dari ngobrol ngobrol dengan sahabat saya Harry Setia Winata di kantor, kami membicarakan tempat yang sekiranya asik untuk berbulan madu. Ya kami memang bujangan yang berniat untuk segera melepas keperjakaan kami atau meninggalkan status bujangan kami heee....!!
Awalnya sih saya dan pasangan punya niat untuk berbulan madu ke pulau Samosir, Medan. Dan setelah hitung menghitung ternyata budjed untuk mewujudkan impian berbulan madu di pulau Samosir cukup besar. Dan sahabat saya Harry Setia Winata menyarankan untuk berbulan madu ke Dieng. Memang sahabat saya yang satu ini rada aneh. Bagaimana tidak, dia menyarankan saya untuk berbulan madu ke DIENG sedangkan dia belum pernah pergi ke sana. Dia hanya tau mengenai DIENG dari cerita kawannya.
Bukan Andri namanya kalau tidak penasaran dengan informasi yang belum lengkap, dari hasil gali menggali di Om Google dapat lah beberapa informasi mengenai DIENG. Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing
.
Ternyata banyak juga yang udah pada kesana nih, saya jadi merasa manusia tertinggal hiiii jadi bukan hanya desa yang tertinggal ternyata manusia juga ada yang tertinggal seperti saya hiiiii.....!! banyak blog yang menceritakan mengenai DIENG, menceritakan pengalamannya menelusuri kawasan DIENG yang penuh dengan keindahan alam INDONESIA. Berikut informasi yang berhasil saya dapatkan dari beberapa sumber mengenai DIENG.

Ada beberapa tahapan yang harus saya jalankan sebelum memutuskan untuk berkunjung ke suatu daerah untuk berwisata, tujuannya tidak lain agar tidak tersesat dan liburan pun bisa lebih maksimal. Untuk kali ini saya juga akan membagi kebiasaan yang saya lakukan sebelum berwisata diantaranya adalah :

How to
Ya bagian ini adalah mencari informasi sebanyak banyaknya mengenai bagaimana caranya agar kita bisa sampai di tempat wisata yang kita tuju. Karena saya tinggal di Depok jawa barat yang lokasi kotanya berdempetan dengan kota Jakarta, maka saya mencari bagaimana cara saya untuk pergi ke DIENG dari Jakarta. Dan jawabannya adalah saya bisa menggunakan transportasi bus, kereta dan juga pesawat. Mengingat kadar ketebalan kantong saya, maka saya memfokuskan untuk mencari informasi menggunakan bus saja. Ternyata cukup banyak pilihannya jika saya ingin ke DIENG menggunakan bus. Saya harus naik bus ke Wonosobo terlebih dahulu, terminal yang menyediakan bus tujuan Wonosobo pun cukup banyak yaitu kampung rambutan, lebak bulus, rawa mangun dll. Sepertinya saya akan memilih terminal lebak bulus jika saya akan ke Wonosobo nanti, bukan karena terminal lebak bulus lebih aman dan nyaman tapi hanya karena lebih dekat saja hiiiii.....!!! nah kalo sudah sampai di terminal, banyak jenis bus yang tujuan ke Wonosobo dan lagi lagi berdasarkan pengamatan saya di Mbah Google ternyata yang nyaman itu menggunakan bus Pahala kencana loh bukan maksud promosi ya....ini hanya survey di internet saja. Untuk harga tergantung kelas yang kita pilih kisarannya antara Rp. 80.000 sampai Rp. 130.000. oh iya untuk sampai di Wonosobo membutuhkan waktu sekitar 12 jam, oleh karena itu lebih enaknya kita berangkat dari Jakarta sore menjelang malam agar sampai di Wonosobo pagi hari. Nah yang saya ketahui terminal Wonosobo berbeda degan terminal yang ada di Jakarta. Katanya terminal Wonosobo itu bersih toiletnya pun gak bau pesing seperti terminal kebanyak di Jakarta. Oh iya jangan lupa beli tiket untuk pulang sekalian biar nanti pas hari mau pulang jadi gak ribet lagi nyari nyari tiket. Nah lanjut lagi ini, setelah tiba di terminal Wonosobo pagi hari kita masih harus melanjutkan perjalanan ke alun alun Wonosobo menggunakan angkot Arriving Wonosobo. Harga angkot tersebut sekitar Rp. 2000 saja, setelah turun di alun alun perjalanan masih harus dilanjutkan dengan naik micro bus ke DIENG harganya sekitar Rp. 10.000 minta turun di pertigaan simpang DIENG  waktu tempuhnya sekitar 1 jam dari alun alun ke pertigaan simpang DIENG.

How There
Nah masuk ketahapan selanjutnya nih, setelah sampai di pertigaan simpang DIENG ada banyak penginapan atau sering di sebut dengan nama HomeStay. Diantaranya yang direkomen banyak orang  sih Penginapan Bu Djono dan Pass DIENG HomeStay, katanya bagus, bersih, sederhana dan murah meriah. Kisaran harganya antar Rp.80.000 sampai Rp. 150.000 saat weekday.









How to Eat
Nah bagian yang ini cukup penting buat perut kita, karena biasanya suatu daerah punyak gaya masakan sendiri. Boleh jadi rasa masakan di suatu daerah kita gak suka atau gak cocok dengan rasa masakannya. Tapi untuk di DIENG kita gak perlu khawatir, karena ada Restoran Bu Djono dan Warung Mbak Mien yang gak jauh dari penginapan. Kalo Restoran Bu Djono menu yang paling populer adalah ayam bakar nya. Harganya Cuma Rp. 15.000 perporsi nya itu sudah dengan nasi loh...nah kalo di Warung Mbak Mien yang terkenal itu nasi goreng jamur nya, harganya Cuma Rp.15.000 per porsi nya. Jadi buat para wisatawan yang berkantong pas pasan gak perlu khawatir nih untuk mencari makan selama di DIENG nanti.
How to get happines
Di penginapan menyediakan tour guide untuk mengantarkan kita ke objek objek wisata yang ada di DIENG. Yang paling seru sih ke bukit Sirkulir untuk melihat sunrise dimana kita harus berangkat dari penginapan pagi pagi buta sekitar jam 4.30 pagi biar kita gak ketinggalan untuk melihat sunrise yang indah dari bukit sirkulir. Untuk harga tour guide nya sekitar Rp. 160.000. kalo gak mau menggunakan jasa tour guide yang disediakan oleh penginapan kita bisa menggunakan jasa tukang ojek untuk diantar ke objek wisata. Tapi saya tidak bisa bayangkan bagaimana rasanya naik motor pagi pagi buta di daerah yang suhu udaranya bisa mencapai 7 derajat.
Objek Wisata yang bisa dikunjungi :
1. Kawah : Candradimuka, Sibanteng, Siglagah, Sikindang, Sikidang, Sileri, Sinila, Timbang
2. Gunung : Gunung Prahu, Gunung Pakuwaja, Gunung Sikunir
3. Telaga : Telaga Warna, Telaga Cebong, Telaga Merdada, Telaga Pengilon, Telaga Dringo, Telaga Nila
4. Candi : Kompleks Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Dwarawati

What can I take home

jangan sampe kamu pergi kesuatu tempat yang jarang jarang kita datengin tapi gak bawa pulang apa apa.  DIENG menyediakan banyak oleh oleh yang bisa kita bawa pulang diantaranya keripik jamur, purwaceng, nah kalo yang ini berasal dari tanaman yang udah di olah sedemikian rupa yang fungsinya untuk meningkatkan stamina para lelaki heeee....kemudian juga ada yang namanya carica yang ini berasal dari buah pepaya hutan yang kemudian dijadikan manisan carica.

Nah untuk saat ini, itu dulu informasi yang bisa saya berikan, doa kan saya untuk bisa mewujudkan mimpi ke DIENG ya.....!! nanti kalo saya udah kesana pasti akan saya posting lagi di blog ini mengenai perjalanan bulan madu saya di DIENG, WONOSOBO JAWA TENGAH INDONESIA.......!!!!!
Bonee Wisata menyediakan paket wisata ke Dieng, bisa anda lihat disini

No comments:

Post a Comment

kritik dan saran dari pembaca sangat berguna bagi kami demi perbaikan penulisan maupun isi dari blog ini.
silakan isi komentar anda!