Saturday, April 2, 2011

Manfaat Teh

siapa yang tak kenal dengan minuman teh (camellia sinensis). ia hadir dalam segala suasana, baik hangat maupun dingin. seiring waktu, teh pun berkembang dalam beragam varian demi memenuhi selera setiap individu.
teh punya makna berbeda di tiap negara. di inggris misalnya, yang di kenal dengan istilah afternoon tea dan the tea party yang di sajikan di masyarakat sosial tinggi. di negara timur tengah, teh pun menjadi sajian utama dalam acara kumpul bersama. budaya negeri tirai bambu juga menjadikan teh sebagai bagian unsur budanyanya seperti acara upacara gongfu tea dan teh pai di rangkai acara perkawinan sebagai bentuk penghormatan kepada anggota keluarga yang lebih tua.
berdasarkan proses pengolahannya, teh pun diagi menjadi tiga,yaitu green tea atau teh hijau yang diproses tanpa mengalami proses fermentasi, teh oolong atau oolong tea yang di proses secara semi fermentasi dan black tea atau teh hitam yang di proses secara fermentasi penuh.
dewasa ini teh oolong mulai tekenal dan banyak di cari orang, pasalnya teh jenis ini memiliki kandungan antioksidan paling tinggi, hingga dapat mencegah radikal bebas yang jadi momok bagi kesehatan dan kecantikan. hal ini berkat kandungan polifenolnya, yang memiliki daya antioksidan 100 kali lipat lebih besar dari vitamin C.
dengan kadar antioksidan yang tinggi memungkinkan secara efektif menurunkan kadar kolesterol LDL dan menekan proses pembekuan darah yang merupakan pemicu serangan jantung dan stroke.
jadi intinya teh oolong ini menghasilkan citra rasa dan aroma yang khas, harum dan menyegarkan. sesaat setelah meneguknya, akan mendapat rasa manis yang tertinggal di tenggorokan. saya pun sambil menulis postingan ini sambil minum teh hangat di depan komputer

1 comment:

kritik dan saran dari pembaca sangat berguna bagi kami demi perbaikan penulisan maupun isi dari blog ini.
silakan isi komentar anda!