Friday, April 1, 2011

salam umat islam


aduh malem2 gak bisa tidur nih, mungkin karena kurang aktifitas kali yah....!

iseng2 tadi nyoba baca2 buku ngaji bokap atau mungkin bisa disebut kitab kali ye....!! eh ternyata isinya bagus banget. Banyak banget pengetahuan di dalemnya. Salah satunya membahas masalah salam.

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda : "kamu sekalian tidak akan masuk surga sebelum beriman, dan kamu sekalian tidaklah beriman sebelum saling sayang menyayangi. Maukah aku tunjukan sesuatu yang apabila kamu kerjakan niscaya kamu sekalian akan saling sayang menyayangi? Yaitu sebarluaskanlah salam di antara kamu sekalian".
(Riwayat Muslim)

Dari ‘Imran bin Al Hushain r.a. berkata : “ada seseorang datang kepada Nabi saw. Dan mengucapkan : “Asslaamu ‘alaikum”. Salam itu dijawab oleh beliau, dan orang itu duduk. Kemudian Nabi bersabda : “sepuluh”.

setelah itu datang lagi seseorang dan mengucapkan “Asslaamu ‘alaikum warahmatullaah”. Salam itu dijawab oleh beliau, dan orang itu duduk. Kemudian Nabi bersabda : “Dua puluh”

setelah itu datang lagi seseorang dan mengucapkan “Asslaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh”. Salam itu dijawab oleh beliau, dan orang itu duduk. Kemudian Nabi bersabda : “Tiga puluh”



kalo aku sih mengartikannya, kalo kita memberi salam dengan lebih lengkap maka kita bakalan dapet pahala yang lebih juga, ketimbang menjawab salam kurang lengkap.



Allah ta'ala berfirman : "Apabila kamu sekalian diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya, atau balaslah penghormatan itu dengan yang serupa".



tuh..berarti kalo menurut aku kalo kita diberi salam oleh seseorang berarti kita udah diberi suatu penghormatan ama orang itu yah...!!

2 comments:

  1. assalammualaikum...
    ayo jawab..
    wajib tuh hukumnya...
    he...

    ReplyDelete
  2. wa'alaikum salam waroh matullahi wabarokatuh..
    tuh gue kasih penghargaan yang lebih dari apa yang lo kasih ke gue..
    he..

    ReplyDelete

kritik dan saran dari pembaca sangat berguna bagi kami demi perbaikan penulisan maupun isi dari blog ini.
silakan isi komentar anda!