Saturday, July 16, 2011

Google+

Google+ adalah layanan jejaring sosial yang sedang hangat dibicarakan di seantero internet belakangan ini. Dengan berbagai fitur andalannya yang dinilai lebih baik, proyek sosial-networking keluaran Google ini banyak diperkirakan bisa menggusur atau paling tidak mengurangi dominasi Facebook.
Sebagai informasi, Google sendiri menyebut layanan Google+ ini bukan sebagai produk atau aplikasi baru, melainkan menyebitnya sebagai sebuah proyek atau “Proyek Google+”, karena Google+ akan dijadikan sebagai bagian sentral dari keseluruhan identitas Google untuk membentuk kembali perusahaan raksasa internet itu.
google-plus-welcome.png
*

Fitur Google+ (Google Plus)

Kelihatannya Google telah belajar banyak dari Facebook, berikut ini beberapa fitur andalan Google+
  • Google+ diklaim memperbaiki layanan jejaring sosial yang telah ada (baca: Facebook) dengan mengedepankan fitur:
    • Circle – Mengatur hubungan online social-network yang lebih disesuaikan dengan kehidupan di dunia nyata di mana kita membagi informasi,status, share dll hanya kepada lingkaran hubungan sosial tertentu yang memang kita inginkan saja, misalnya: kita membagi foto tertentu hanya pada lingkaran teman dekat saja, tapi tidak kepada lingkaran kerja/keluarga.
    • Hangout – Dengan mudah membuat grup khusus untuk obrolan video dengan banyak orang sekaligus (live multi-person video) dalam Circle tertentu.
    • Sparks – Integrasi layanan Google Search ke dalam Google+ sehingga orang dengan mudah bisa menemukan konten web yang ingin dibahas/dishare.
  • Integrasi dengan berbagai layanan Google. Jutaan orang selama ini sudah menggunakan berbagai layanan gratis dari Google seperti search, dokumen, photo, video, maps, dan lain-lain. Dengan mengintegrasikan berbagai layanan ini ke layanan jejaring sosial, Google+ menjadi sebuah jejaring sosial yang sangat menarik dan sekaligus jadi ajang kolaborasi yang lebih produktif dari sekedar update status atau sharing online.
  • Fitur dan apllikasi mobile yang lebih baik sehingga platform sosial lebih gampang, lebih bersih, lebih banyak fungsi dengan aplikasi mobile Google+.
  • Memberi label foto dengan cara yang lebih baik. Tidak seperti Facebook yang terkesan bisa melabel seseorang yang malah bisa mengganggu orang tersebut, Google+ memberi fitur yang lebih baik untuk pengaturan privacy labelling foto.
  • Dengan prinsip bahwa data yang dimasukkan user adalah sepenuhnya milik user, Google+ memudahkan user untuk mengambil semua datanya dari layanan Google bila diinginkan, yaitu dengan Google Takeout (http://www.google.com/takeout).
Untuk lebih jelasnya silahkan buka http://www.google.com/+/demo/

No comments:

Post a Comment

kritik dan saran dari pembaca sangat berguna bagi kami demi perbaikan penulisan maupun isi dari blog ini.
silakan isi komentar anda!